ELECTRICAL ENGINEERING STUDY PROGRAM

VISION

Our vision is becoming a nationally distinguished education institution of electrical engineering in electronics, telecommunications, and multimedia computer.

 

MISSION

  1. To organize a good quality of education to produce competitive graduates at the national level.
  2. To conduct innovative and effective research for society and industry.
  3. To conduct a relevant community service through counseling, technical assistance and training in  electrical engineering area.
  4. To establish research collaboration with the stakeholders.

 

OBJECTIVES

  1. To produce students with analytical skill in formulating and designing electrical, telecommunications, and multimedia computer systems.
  2. To produce beneficial research and disseminate it through national publications.
  3. To establish a relevant community service in the field of electronics.

To establish research collaboration with electrical industries on design and training.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran Program Studi
Sasaran Pencapaian
a. Peningkatan jumlah kelulusan tepat waktu (8 semester)
  1. Meningkatkan peranan Dosen untuk pembimbingan akademik dan memotivasi mahasiswa untuk lulus tepat waktu setiap awal semester;
  2. Menjalin kerjasama dengan industri untuk memperbanyak lokasi praktek kerja lapangan (PKL) secara berkesinambungan;
  3. Mendorong Dosen untuk menyertakan mahasiswa tingkat akhir dalam penelitiannya;
  4. Meningkatkan perolehan dana hibah penelitian (DIPA maupun DP2M) untuk mempercepat penyelesaian tugas akhir mahasiswa;
  5. Meningkatkan pelayanan laboratorium untuk menunjang penelitian oleh dosen dan mahasiswa.
b. IPK lulusan rata-rata minimal >= 2.75
  1. Meningkatkan peran aktif Dosen pembimbing akademik (PA) selama proses belajar-mengajar;
  2. Menggunakan metode Student Centered Learning (SCL) dalam proses pengajaran;
  3. Meningkatkan kualitas dan meningkatkan fasiltas proses belajar-mengajar;
  4. Mengadakan pelatihan metode pembelajaran yang efektif dan efisien setiap tahun akademik.
c. Peningkatan jumlah penelitian dosen (2 judul per tahun) dan kualitas penelitian
  1. Mengadakan pelatihan penulisan proposal untuk mendapatkan dana penelitian bertaraf nasional/internasional dan meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis ilmiah;
  2. Pengelompokkan Dosen berdasarkan keahliannya;
  3. Menerapkan budaya kompetisi untuk memperoleh hibah penelitian;
  4. Alokasi dana stimulasi penelitian;
  5. Menyediakan informasi penelitian yang didanai dari luar institusi.

d. Peningkatan kerjasama riset dan pengabdian
  1. Mencari mitra di dalam dan di luar negeri untuk kerja sama terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat;
  2. Implementasi hasil riset untuk membantu menyelesaikan permasalahan di masyarakat.
e. Peningkatan kompetensi dosen (2 kegiatan pertahun)
  1. Memotivasi dan mengirimkan dosen dosen untuk studi lanjut ke jenjang S3;
  2. Mengirimkan Dosen untuk kegiatan workshop, seminar, lokakarya, magang dan lain-lain;
  3. Mendukung dab memfasilitasi Dosen dalam melaksanakan kegiatn penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Membantu Dosen untuk berpartisipasi dalam kegiatan seminar nasional dalam rangka mempresentasikan hasil penelitiannya;
  5. Membantu publikasihasil penelitian Dosen di jurnal lokal dan nasional;
  6. Mendukung Dosen dalam rangka penulisan bahan ajar, diktat, dan buku ajar.
f. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa (2 kagiatan per tahun)
  1. Meningkatkan kemampuan soft skill mahasiswa melalui kegiatan praktikum, praktek kerja lapangan, magang kerja di perusahaan, lomba karyailmiah, seminar dan pelatihan-pelatihan;
  2. Melakukan pengarahan kepada lulusan untuk mendapatkan lapangan kerjasesuai dengan bidang elektro;
  3. Memberikan informasilowongan pekerjaan dari alumni dan perusahaan yang sesuai dengan bidang elektro;
  4. Menyelenggarakan studi ekskursi ke industri-industri.
g. Peningkatan pelayanan sistem administrasi akademik yang efektif dan efisien.
  1. Pelayanan administrasi diselesaikan paling lama 3 hari kerja ;
  2. Membentuk organisasi penjaminan mutu;
  3. Menyusun dokumen mutu;
  4. Melakukan sosialisasi;
  5. Melaksanakan standar mutu (benchmarking);
  6. Penggunaan sistem informasi akademik online.
h. Kehadiran mahasiswa dalam kuliah minimal 75% dari jumlah kuliah dalam satu semester
  1. Tanda tangan kehadiran mahasiswa dan sistem pelaporan kehadiran melalui Sentra Pelayanan Akademik (SPA) secara online ke Ketua Program Studi;
  2. Pelaksanaan dan pemberlakukan sanksi akademik kepada mahasiswa secara konsisten;
i. Kesesuaian dan pencapaian pelksanaan perkuliahan terhadap SAP (100%)
  1. Feedback berupa pengisian kuisioner oleh mahasiswaterhadap dosen mata kuliah yang dilakukan secara online pada setiap akhir semester yang berisi evaluasi cara belajar-mengajar dan kesesuaian dengan SAP;
  2. Monitoring evaluasi kesesuaian materi pengajaran dengan SAP dan silabus;
  3. Kontrol kehadiran pada setiap bulan dalam semster aktif untuk memantau kehadiran dosen (pemantauan juga dapat dilakukan melalui sistem online)