VISI

Program Studi Fisika yang mampu menghasilkan lulusan yang berkompetensi tinggi dalam melakukan riset aplikasi fisika medik dan geofisika, serta mampu mengimplementasikannya di kehidupan masyarakat dan mampu bersaing ditingkat nasional.

MISI

Untuk mewujudkan Visi Prodi Fisika Universitas Nasional menjabarkannya menjadi misi sebagaimana berikut ini:

  1. Menyelenggarakan kurikulum akademik program studi Fisika yang up-to-date mengikuti perkembangan riset global di bidang ilmu geofisika dan fisika medik.
  2. Menyelenggarakan penelitian unggulan berbasis kompetensi sumber daya dan pemenuhan kebutuhan inovatif di masyarakat berbasis ilmu geofisika dan fisika medik.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat sebagai output kegiatan dan outcome permasalahan iptek di kalangan Masyarakat.
  4. Menyelenggarakan manajemen program studi yang berbasis pengembangan dan penguatan sumber daya akademik yang memenuhi standar nasional.
  5. Melakukan pengembangan kompetensi akademik sumber daya pengajar ke jenjang S3.
  6. Melakukan Pengembangan kurikulum akademik berbasis riset unggulan bidang fisika terapan dan aktif dalam perhimpunan program studi fisika se-Indonesia.
  7. Aktif melakukan kerjasama dengan persatuan guru-guru SMA Fisika se- DKI Jakarta.

Aktif menjalin hubungan kerjasama yang produktif dengan instansi pemerintah seperti BATAN, BMKG, LIPI, rumah sakit dan industri pengguna lulusan Fisika.

TUJUAN

Tujuan dari Visi dan Misi Prodi Fisika adalah sebagaimana berikut ini:

  1. Meningkatkan kualitas proses akademik yang memenuhi kriteria standar nasional.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam hal belajar – mengajar.
  3. Meningkatkan kualitas standar kurikulum yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan user.
  4. Meningkatkan sarana penunjang kegiatan akademik dan penelitian.
  5. Meningkatkan peranan program studi Fisika UNAS dalam memberikan solusi permasalahan di bidang geofisika dan fisika medik.
  6. Meningkatkan kualitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa.

Menjembatani program studi Fisika UNAS sebagai sumber daya IPTEK dengan permasalahan yang ada di masyarakat.

SASARAN

Sasaran dan strategi pencapaian dilaksanakan dalam kurun waktu Tahun 2015 – 2020. Indikator pencapaian Visi dan Misi Prodi Fisika 2020 tersebut dijabarkan dalam dua rentang tahun sasaran pencapaian, yakni berikut ini:

Sasaran pencapaian untuk Tahun 2015– 2020

  1. Akreditasi A dalam kurun waktu 2 – 5 tahun.
  2. 100% tenaga pengajar berpendidikan S2 linier dan tersertifikasi secara nasional dalam waktu 3 – 5 tahun.
  3. Jumlah mahasiswa 50 mahasiswa per tahun.
  4. Terbentuknya laboratorium berbasis bidang kompetensi Fisika yakni laboratorium Geofisika dan Fisika Medis dalam waktu 4 – 10 tahun.
  5. Publikasi jurnal nasional dan internasional sebanyak 6 makalah setiap tahun selama 2 – 5 tahun.
  6. Menjadikan Fisika sebagai tolak ukur pengembangan IPTEK untuk wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat dalam waktu 2 – 7 tahun.
  7. Tercapainya citra Fisika Universitas Nasional di masyarakat DKI Jakarta dan Jawa Barat sebagai center of IPTEK resources dalam waktu 2 – 5 tahun.
  8. Menghasilkan implementasi IPTEK yang bermanfaat di masyarakat berupa standardisasi suatu produk masal dalam waktu 2 – 5 tahun.
  9. Menjadi center of development pengembangan IPTEK untuk geofisika dan fisika medik.
  10. Menghasilkan lulusan dengan atribut sebagai berikut:
  1. IPK rata – rata 3,00
  2. Kemampuan Bahasa Inggris TOEFL 500
  3. Kemampuan TIK yang tersertifikasi (CISCO dan lain-lain)
  4. Memiliki Soft Skill
  5. Memiliki jiwa entrepreneurship
  6. Masa studi 4 tahun 
  7. Masa tunggu lulusan kurang dari 6 bulan
  8. Menghasilkan dosen yang tersertifikasi dalam waktu 2 – 10 tahun sebanyak 80%.
  9. Menghasilkan produk penelitian unggulan yang mengacu agenda riset strategis nasional.

Strategi untuk sasaran pencapaian 2015 – 2020:

  1. Penerapan kurikulum berbasis KKNI pada semester ganjil 2016/2017 dengan memperhatikan rekomendasi stakeholder dan user.
  2. Upgrading kurikulum berbasis kompetensi menuju KKNI dengan menekankan pada pengembangan setiap bidang keahlian/kekhususan program studi serta sistem evaluasi dan pengembangan yang mengacu pada trend kemajuan Fisika secara global.
  3. Menerapkan pola pembimbingan akademik mahasiswa yang interaktif dengan memanfaatkan PA on-line.
  4. Menerapkan sistem administrasi akademik yang dapat menjadi media pengukur indeks kinerja dosen.
  5. Memanfaatkan sistem perkuliahan yang didukung oleh media internet (on-line) sebagai materi tambahan dan media interaksi dosen dan mahasiswa.
  6. Melakukan penataan sumber daya akademik fakultas berdasarkan kompetensi dan pengembangan bidang minat keahlian/kekhususan pada program studi.
  7. Menerapkan sistem pembinaan sumber daya akademik dosen berbasis peningkatan kompetensi, profesionalisme, dan kesejahteraan.
  8. Meningkatkan kesejahteraan dosen dan tenaga kependidikan secara bertahap.
  9. Menerapkan sistem penghargaan (rewards) yang mengacu pada jabatan fungsional dan kompetensi.
  10. Melakukan penambahan sumber daya akademik (dosen) untuk meningkatkan daya tampung mahasiswa baru.
  11. Mengalokasikan anggarandana yang cukup untuk dosen-dosen yang hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan S3 di universitas yang bereputasi dalam negeri maupun luar negeri.
  12. Mengalokasikan anggaran dana kegiatan mahasiswa yang berorientasi pada penguatan akademik, profesionalisme, dan soft skill.
  13. Mengalokasikan anggaran dana insentif publikasi yakni sebesar Rp. 4.000.000 untuk publikasi nasional dan Rp. 8.000.000 untuk publikasi internasional dan berlaku untuk setiap makalah yang berhasil accepted.
  14. Mengalokasikan anggaran dana insentif Hak Cipta sebesar Rp. 2.000.000 untuk setiap produk.
  15. Menyusun program penugasan belajar S3 untuk dosen-dosen pada program studi, yakni setiap tahun minimal 2 orang dengan dukungan dana Rp.13.000.000 per semester, bantuan disertasi, dan buku.
  16. Meningkatkan kapasitas laboratorium sebagai basis aktifitas riset dan aktifitas ilmiah mahasiswa dengan penambahan sarana dan prasarana.
  17. Melakukan koordinasi yang aktif dengan LPPM Universitas Nasional untuk memberikan kesempatan bagi dosen-dosen pemula dalam memulai aktifitas penelitian.
  18. Menyelenggarakan program coaching clinique untuk proposal hibah penelitian, pengabdian kepada masyarakat, Paten HAKI, dan publikasi internasional.
  19. Menjajaki kerjasama dengan institusi luar untuk melakukan benchmarking dan pengembangan pendidikan dan penelitian.
  20. Menyelenggarakan kegiatan pelatihan rutin setiap akhir semester untuk meningkatkan skill mahasiswa dan dosen di bidang Fsika.
  21. Melakukan koordinasi aktif dengan Badan Penjaminan Mutu di fakultas dan Universitas Nasional untuk melakukan evaluasi pencapaian standard mutu.
  22. Menerapkan kebijakan promosi yang aktif bersama program studi dan bekerja sama dengan MPR (Marketing & Public Relation) Universits Nasional untuk meningkatkan animo mahasiswa baru di wilayah Jabodetabek yakni dengan menyelenggarakan program Try-Out UAN on-line untuk SMA dan SMK sebagai salah satu daya tarik kegiatan promosi.
  23. Menerapkan peraturan pembinaan soft-skill mahasiswa yang berorientasi pada peningkatan kompetensi profesional dan ilmiah.
  24. Berupaya aktif untuk mendapatkan dana hibah institusi Dikti-Kemendikbud untuk pengembangan fakultas.
  25. Melakukan benchmarking pada universitas/institusi yang telah berhasil menerapkan sistem akademik unggulan.

Menyediakan sistem informasi yang dapat dijadikan sebagai backbone pengolahan data dan penyediaan layanan informasi untuk mendukung kinerja tata kelola institusi yang unggul.