Program Studi Teknik Mesin

TERAKREDITASI B

VISI JURUSAN
Sebagai lembaga pendidikan tinggi Teknik Mesin yang mampu menghasilkan Sarjana yang profesional dalam bidang Konversi Energi, Manufaktur dan Konstruksi Mesin, berwawasan lingkungan, dan bermoral dengan komitmen pada pembangunan nasional.

MISI JURUSAN
1. Mendidik sumber daya manusia menjadi Sarjana Teknik Mesin yang mampu menerapkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang Konversi Energi, Manufaktur dan Konstruksi Mesin yang berwawasan lingkungan.
2. Mendidik sumber daya manusia menjadi Sarjana Teknik Mesin yang mempunyai jiwa kepemimpinan di bidangnya untuk memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang industri, pendidikan serta penelitian dan pengembangan bagi kehidupan manusia yang beradab dan sejahtera.

Tujuan pendidikan program studi Teknik Mesin Strata-1 adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan:

  1. Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menerapkan IPTEK di bidang ilmu teknik mesin.
  2. Mampu menerapkan konsep inovasi mekanika yakni merancang komponen/alat, sistem dan proses untuk keperluan berbagai bidang teknik.
  3. Mampu mengembangkan konsep kewirausahaan yang mendorong tumbuhnya kreativitas.
  4. Mampu memahami dan memiliki komitmen etika dan profesi kemajuan ilmu teknik mesin.
  5. Mampu berperan aktif sebagai individu dan kelompok multidisiplin ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya.

Kegiatan keilmuan merupakan kolaborasi antar dosen, mahasiswa dan masyarakat.Didukung oleh para tenaga pengajar yang berpengalaman di bidang perkembangan ilmu teknik mesin yang memiliki latar belakang pendidikan lulusan S2 dan S3 dari dalam dan luar negeri.

Setiap mahasiswa program studi Teknik Mesin S-1 UniversitasNasional berkesempatan menerima beasiswa pendidikan, baik dari pemerintah maupun institusi lain yakni :

  1. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
  2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  3. Beasiswa Dana Bantuan Operasional Mahasiswa(DBO)
  4. Beasiswa Prestasi Akademik dan Non-Akademik UNAS